STANDAR GANDA: Ini Ujian Matematika kan? (Episode 1)

Anak-anak SMA kelas 12 itu kini sedang menghadapi ujian yg aneh bin membingungkan. Hanya ada satu soal di kertas yang kualitasnya ga jauh beda dengan kertas minyak anti jerawat, mudah sobek dan aromanya menusuk hidung. Mungkin kualitas kertas soal seburuk itu sih tak begitu bermasalah seperti tipisnya lembar jawaban komputer dalam Ujian Nasional tahun lalu, semoga ada perbaikan tahun ini.

Jawablah dengan memilih salah satu pilihan yang paling benar, waktu 30 menit.

0+1 = ….
a. -1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Seperti itulah penampakan satu soal Pilihan Ganda yang lebih menyeramkan dari penampakan pocong di Kaki Gunung Manglayang pas masa pembaretan kemarin, begitulah ekspresi yang ditangkap Pak Acen dari raut muka mayoritas anak didiknya.

“Pak, ini pilihan (a) ga salah ketik? Salah soal ini pak”, tanya Danar sang Idola para penghuni Asrama Putri lantai 3 itu.
“Kalian kerjakan saja, soal itu tak ada revisi. Pikirkan secara baik-baik dan jangan pakai emosi kalian”, Pak Guru sekaligus pengawas itu menjelaskan.

Ruangan mulai terasa pengap padahal sekolah ini berada di kaki gunung, di Bandung Coret pulak. Keringat dingin mulai bermunculan di pelipis ababil-ababil itu. Di sudut belakang, Danar sdh mengukur meja dengan tangannya sejak lima menit yang lalu. Waktu ujian masih tersisa 15 menit, Danar sepertinya mulai menyerah dengan soal pocong itu. Danar tak takut dengan pocong tapi dia pernah hampir membuat hancur muka pocong jadi-jadian sekitar 3 tahun yang lalu. “Lo penakut dan, masak badan gede takut pocong, hahaha”, ledek Ariel. “Enak aje lo, gw kagak takut. Itu namanya membela diri”, dengan wajah memerah menahan emosi danar berkilah. Dan bujang-bujang satu kamar itu pun tertawa terpingkal-pingkal. Ada sekitar 15 bujang di kamar yang hampir mirip barak di asrama Polri Pulogadung, beberapa dari kamar sebelah.

Sekolah ini beberapa bulan lagi akan melepas angkatan ketiganya untuk menimba ilmu di luar kampus yang menentramkan di Kaki Gunung Manglayang ini. Udaranya luar biasa menyegarkan dan membuat anak-anak kelas 10 yang baru dicepakin kepalanya ala prajurit level tamtama itu pun harus memakai penutup kepala di awal-awal mereka hidup di Bumi Manglayang ini.

“Memang hebat anak ini, bisa tidur dan mengeluarkan suara mendengkur di tengah ujian. Soal pun belum dijawabnya”, pikir Pak Acen sambil berjalan ke arah meja Danar dan mengeluarkan senyum aneh.

“Bangun tukang molor”, guru itu membangunkan Danar sambil menyentuh tangannya dibantu air sedingin es | “An**** apain neh”, Danar menunjukkan betapa gaulnya dia dengan kosa kata yang biasa dipakai di terminal Leuwi Panjang | “Eits, push up satu seri, cepat” | “Aya naon iye?”, Danar menjawab dengan pipi kanannya yang masih merah karena mengukur meja. “Sory Pak, saya ga sengaja”, Danar pun memompa bumi sepuluh kali.

(bersambung)

20140304-062124.jpg

Catatan Kaki:
1. Foto diambil dari http://www.wikimapia.org

Iklan

16 pemikiran pada “STANDAR GANDA: Ini Ujian Matematika kan? (Episode 1)

    1. Insyaallah satu atau dua postingan lagi ada jawabannya… Yang jawaban (a) baru terpikirkan tadi subuh, jebakan ^_^

      1. Jawabannya udah ada bro… Maksudnya biar pada penasaran… Ini logis banget kok klo ngikutin ceritanya,hehehe

        Pilihan Jawaban (a) itu awalnya angka 2, (b) itu 3, dst… Baru kepikiran tadi ngasi jebakan… Dulu pas sekolah, sering merasa soal salah padahal gw yg kagak ngarti 😁

        SAY NO TO STANDAR GANDA!!!

    1. Maafklo tambah bikin pusing… Makasih kunjunganya…

      Btw, pusing knp bro? Klo minjem duit, ane jg lg pusing nyari KPR SYARIAH πŸ˜…

      1. hehehe… Alhamdulillah masih mampir mas, coba nyelonong ga permisi trs ga balik2 ^_^…

        Semoga kita semua dapat rezki yang lebih banyak, aamiiiin ya Robbal ‘alamin

    1. Aamiiin ya Robbal ‘alamin, semoga cerbung ini bisa menjadi langkah awal untuk novel ane… Itu salah satu cita2 ane, nerbitin novel πŸ˜€

      Semoga ane bs meluangkan waktu tuk menulisnya :D, stay tune gan

Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s