Iblis dan Syetan itu Logis Banget (Hasutannya) !!!

I heard it in Babussalam, Mesjid di daerah Rawamangun. Mesjid ini salah satu mesjid paporit gw, ber AC, bersih, ga terlalu gede, bacaan Imamnya muantab, en ada kajian rutin. Sebelum mesjid ini berAC gw dah sering datengin neh mesjid pas masih di Cakung Dua. En sepertinya neh mesjid juga paporit buat ngadain pernikahan ^_^, soalnya gw pernah sholat pas mau ada akad pernikahan gitu. Back to topic, tadi malem gw libur kuliah en diajakin temen buat denger kajian di mesjid ini. Di jalan gw mutusin buat nyuci motor dulu so telat deh dengerin ceramah dari Pak Umay (jangan2 ini hasutan Syaiton????).

Pas gw masuk mesjid, ternyata udah pake in focus ceramahnya, kereeeeeeeennn. En banyak pula yg ikut kajian. Ternyata temanya tentang Godaan Iblis dan keturunannya. Pak Umay cerita tentang Ibrahim a.s. ketika diberi mimpi untuk menyembelih anaknya si Ismail kecil. Gw yakin lo semua tau ceritanya. Ismail yg ikhlas dan sabar en Iblis yang mencoba godain Ibrahim as. Iblis menggoda Ibrahim a.s. dengan mengatakan mimpi itu bukan dari Allah SWT, ga mungkinlah Allah SWT nyuruh Ibrahim a.s. buat nyembelih anak keturunannya. En Ibrahim a.s. akhirnya ngambil batu terus ditimpukin ke Iblis (sekarang dicontoh pas naik haji a.k.a lempar jumroh).

Gmn boy? Logis banget kan si Iblis. Kesimpulannya, kalau seseorang terlalu mengandalkan logika (ato malahan menuhankan logika), dijamin dia akan tersesat.

Terus terang aja gw sangat mengandalkan logika dan gara2 terlalu berfikiran logis gw masuk aliran sesat (baca: NII). Pas gw “diprospek” sama orang NII, mereka ngomong gini: “Rasulullah SAW itu ga mungkin ga bisa baca tulis. Masak seorang pimpinan yg setara presiden ga bisa baca tulis”. Logika gw jalan en gw menerima alasan mereka, padahal dari SD gw udah dibilangin kalau Muhammad SAW itu ga bisa baca tulis (brur…brur…kok bisa dibodohin,hehe). Mereka memberi alasan klo ummi itu artinya ibu bukan ga bisa baca tulis. Setelah gw sadar dari kesesatan gw, gw dapat penjelasan dari seseorang dan ternyata dalam bahasa Arab emang kata Ibu dan ga bisa baca tulis itu mirip. So, ketidaktahuan gw tentang bahasa arab juga menjadi salah satu penyebab gw masuk NII. Alhamdulillah sekarang gw udah sadar dan gw udah berkeyakinan kalau logika emang penting tapi kalau Firman Allah or Hadits Rasulullah bertentangan, gw akan meninggalkan kelogisan gw dan menerima apa yg diterangin sama Al Qur’an dan As Sunnah, InsyaAllah….

O ya, setelah Pak Umay selesai ngasi ceramah, gw nanya apa yg gw lewatin. En salah satunya adalah cerita tentang Adam a.s. dan Istrinya (Ibunda Hawa) serta si Iblis Laknatullah. Diceritakan kalau Adam dan Hawa belum diberi keturunan dalam waktu yang cukup lama. Adam sih masih sabar tapi hawa udah ga sabar. Akhirnya Iblis menjelma jadi kakek2 (klo ga salah) en ngebawa seorang bayi dan ngedekitin hawa. Dengan segala kemampuan diplomasi Iblis akhirnya hawa mau mengadopsi bayi yg dibawa kakek2 itu. Akhirnya Adam mengetahuinya en tentunya Adam ga setuju dan ngebuang tuh bayi ke laut. Adam ga bodoh2 amat kali, hawanya aja yg terlalu pengen punya anak ampe ga pake logikanya. Jelas2 Adam dan Hawa adalah manusia pertama so si bayi itu pasti keturunan si Iblis. Berulang kali si Iblis mendekati hawa dan berulangkali pula si Iblis berhasil membuat hawa mengadopsi bayi yang merupakan keturunannya. Dan berulangkali pula Adam menyingkirkan tuh bayi dan saking kesalnya Adam, tuh bayi di remas dengan tangannya ampe jadi kecil dan Adam udah bingung mau nyingkirinnya kemana dan akhirnya menelannya. You see!!! Didalam diri kita ada Syetan…. Yah, gw yakin kalian semua udah tau itu semua. Tapi, gw bener2 mendapat cerita yang bagus. Ternyata beginilah kelakuan Iblis. Iblis dan keturunannya menggoda umat manusia agar menemani mereka di neraka dari depan,belakang,kiri,kanan, dan dari dalam diri manusia itu sendiri. Mungkin syetan yang ada dalam diri manusia itu adalah yang sering disebut oleh orang amerika “Negative Thinking”. Tapi, karena Iblis dan keturunannya itu logis banget, bisa jadi Positive Thinking itu juga si Syaiton. Contohnya : Ntar aja Sholat Dzuhurnya, jam 2-an, kita positive thinking aja umur kita panjang, hehehe…..

So, Inti dari tulisan ini : Katakan TIDAK pada Menuhankan LOGIKA!!!!!

Iklan

8 pemikiran pada “Iblis dan Syetan itu Logis Banget (Hasutannya) !!!

  1. Rury, gw baru denger ceri hawa adopsi anak itu .. seremmm yahh …
    Gw termasuk org yg ga mau terlalu percaya kata2 ustad yg terlalu ekstrem, maka nya dulu ge su ka aa gym
    terlalu byk hadis palsu dan interprestasi isi alquran yg dibuat2

  2. sama yank….gw juga baru denger cerita hawa ngadopsi anak iblis itu.
    Iya sih, dijaman yang amat jauh dari jamannya Rasulullah SAW, Sahabatnya, tabiit tabiin, emang riskan dengan hadits2 palsu dan tafsir Al Qur’an yg nyeleneh. Termasuk gw yg kejebak ama tafsir nyelenehnya Negara Islam Indonesia,hehe…. Klo kata temen gw sih, klo mau aman lo ikut Ahlussunnah wal Jamaah…Bukan aliran Ahlussunnah lo ya coz ada alirannya juga…Menurut dia, tafsir dari Ahlussunnah wal Jamaah itu adalah paham Islam yg Jamaahnya Mayoritas… Klo ada minoritas en ngajak lo belajar agama, lo harus hati2… Gw cuma sharing doank yank… Semoga lo ga pernah kesesat kayak gw,amin…

  3. lho semuanya itu sebenarnya masuk logika, den mas… hanya tergantung kapasitas hati dan otaknya saja serta apakah Gusti allah mengijinkan kita utk mengerti atau tidak… sisanya? itu yang namanya iman dan taqwa… đŸ™‚

    masjid favorit, brur?? nanti ada kesenjangan sosio-relijius antar masjid lho… hahahaha!!

  4. @ bangpay: Inti tulisan ini cuma dua : 1) jangan pernah menuhankan logika 2) Anggapan gw klo Negative Thingking itu Syetan ternyata ga bener 100%… Suara hati/pikiran yg buat kita makin deket ke neraka itulah bisikan syaiton… Nah, cara ngebedainnya itu yg sulit en menurut gw cara yg paling bener ya dengan memperdalam agama… Gw masih belajar en sorry klo agak sok tau,hehe…semoga gw bisa terus belajar,amin….
    @ afri: suka musik rock ya mas? wekekek

  5. Bro… saya juga sering dengerin pak umay di babussalam,sering2 dong di share topik-topiknya coz saya lg ngak sempet dtang. Pak Umay Mantap…..

Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s